26 Juli 2021
Berita

Dana Pantuan Pandemi Rawan Diselewengkan

SEMARANG (FORUMWARGA.ID) – Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, sangat mungkin sekali oknum pejabat dan dinas-dinas pemerintahan terkait melakukan penyelewengan bantuan tunai maupun nontunai ke masyarakat.

Hal itu terungkap dalam diskusi Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) dan LAN (Lembaga Anti Narkoba), di kantor DPD LAN, di kawasan Manyaran Kota Semarang, Jumat (31/7/2020)

Diskusi tersebut merupakan kunjungan balasan Ketua GNPK Yayik Kusriyanti bersama tim satgas ke kantor DPD LAN yang diterima Ketua DPD LAN Hermawan Handoko.

Diskusi berkembang membahas tentang program ke depan yang bertujuan mensinergikan masing-masing lembaga, khususnya menyikapi korupsi dan penyalahgunaan narkoba.

Ketua GNPK mengatakan, atas imbauan presiden juga Mandat dari Ketum GNPK maka di bentuk lah satgas-satgas dengan membuka Posko Pengaduan Covid-19 di kantor DPK GNPK Semarang Jl Hos Cokroaminoto 23 Semarang tanpa di gaji.

”Mereka Bekerja membantu masyarakat mendapatkan haknya. Baik berupa bantuan tunai, nontunai, bahkan membantu siswa yang tidak mampu untuk membayar SPP dan mengambil Rapot,” ungkap Yayik.

Ada pun kegiatan satgas selain pengawasan kepada penerima dana dari pemerintah, juga mengawasi pembagian bantuan sampe ke tingkat RT.

Sementara Ketua LAN Disela Hermawan Handoko mengatakan, di masa pandemi covid-19 ini tingkat penyalahgunaan narkotika pun ikut meningkat. ”Mereka yang tertangkap aparat dari berbagai golongan. Bisa dikatakan mereka tersiksa atau stres dengan keadaan yang serba sulit. Banyak di rumah dan juga banyak usaha yang tidak jalan. Sedangkan mereka harus bertanggung jawab kepada keluarga,” ujar Pak Han, panggilan akrabnya.

Handoko mengatakan, DPD LAN siap bekerjasama dengan BNN Propinsi dalam bentuk pembinaan (rehabilitasi) maupun sosialisasi ke masyarakat, khususnya generasi bangsa supaya sadar dengan kesehatan, keselamatan dan masa depannya.

Menurutnya, antara korupsi dan penyalahgunaan Narkotika harus diberantas bersama, khususnya di kota Semarang. Dia juga berkeinginan untuk menyatukan semua elemen, LSM/Ormas untuk bersatu.

”Bahu membahu membangun bangsa yang beradab, menyongsong Semarang yang semakin hebat dengan kepimpinan Mas Hendi sebagai Wali Kota Semarang,” katanya.

Agustian

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *